"JAMASTIKA" Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Jamastika Vol.3 No.1 April 2024

Pengembangan Game Edukasi Bahasa Jepang berbasis Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Dengan Metode Development Life Cycle (GDLC

Daru, Yahya Eka Kusmadaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan informasi sekrang berkembang sangat pesat yang dimana penggunaan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan di berbagai bidang seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan. Penggunaan teknologi sangat digemari oleh Masyarakat sekalipun pada anak-anak sudah banyak yang menggunakan perangkat smarthphone yang digunakan untuk bermain, berkomunikasi dan belajar. Game sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa dengan perkembangan Game yang sangatlah pesat dari tahun ke tahun, selain bermain Game di Console maupun Personal computer (PC) kini pengguna smarthphone sudah bisa menjalankan sebuah Game beresolusi tinggi dengan berbbagai jenis genre Game, sperti genre Real Time Strategy (RTS), Role Playing Game (RPG), Adventure, Simulasi, Sport Game, Racing Game, dan Edukasi. Pembelajaran melalui media Game. Bahasa jepang sangat digemari oleh orang luar jepang termasuk di Indonesia, Berdasarkan hasil survey The Japan Foundation tahun 2018 yang mengkaji tentang tingkat pemelajar bahasa Jepang di dunia menunjukan bahwa Indonesia, menduduki urutan kedua setelah Republik Rakyat Tiongkok dalam pemelajar bahasa Jepang terbanyak. Dengan Game edukasi pembelajaran Bahasa jepang Ini akan membuat pembelajaran bahasa Jepang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Oelh karena itu dibuatlah Game Edukasi belajar bahasa jepang agr Masyarakat lebih mudah belajar melalui smarthphone dimanapun dan kapanpun. Game edukasi ini menggunakan metode Game development Game sycle (GDLC). Kata Kunci Game. Game Development Life Cycle (GDLC), Game, Edukasi, Pendidikan, Bahasa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamastika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang mahasiswa teknik informatika, tulisan yang dimuat berupa hasil penelitian dari mahasiswa Teknik ...