Produk halal kini telah menjadi tren dunia karena memiliki pasar yang potensial bahkan dengan adanya peningkatan industri halal, sektor pertumbuhan ekonomi mengalami kemajuan, kesadaran tentang konsep halal mulai meningkat, dan banyaknya perusahaan di bidang produk dan layanan mulai merespon kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel sertifikat halal terhadap variabel pendapatan usaha dan halal awareness UMKM. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah data yang diperoleh sebanyak 27 responden yang tersebar di daerah Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Hasil pengolahan data yang diolah menggunakan SPSS 23 dengan regresi linier berganda yang menunjukan bahwa variabel sertifikat halal berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan penjualan usaha, hal ini dapat dilihat dari signifikasi sertifikat halal sebesar 0,064 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil pengolahan data peneliti menunjukkan bahwa variabel sertifikat halal berpengaruh signifikan terhadap halal awareness UMKM, hal ini dapat dilihat dari signifikasi halal awareness sebesar 0,093 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%.
Copyrights © 2023