Menggunakan data produk perusahaan untuk bisnis memiliki peran sangat penting dalam membuat keputusan dalam sebuah perusahaan. Kecepatan dan ketepatan pengolahan data produk berpengaruh dalam pencarian informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan di perusahaan, membuat perusahaan mampu menanggulangi dan menghindari tingkat kerugian yang tinggi. Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu, untuk mengimplementasikan Business Intelligence dalam mengolah data penjualan mobil Mistsubishi tahun 2020 sampai 2021 dengan visualisasi data menggunakan aplikasi tableau untuk mengetahui kualitas dan kuantitas penjualan sehingga menghasilkan saran strategi bisnis baru bagi perusahaan. Business Intelligence (BI) merupakan sebuah teknologi yang terdiri atas teori, metodologi, arsitektur, dan proses untuk mengelola sebuah data menjadi informasi yang memiliki nilai bisnis. Hasil penilitian yang dihasilkan merupakan dashboard visualisasi data menggunakan aplikasi tableau. Berdasarkan informasi dari dashboard visualisasi data yang dihasilkan bahwa penjualan produk Mitsubishi pada tahun 2021 mengalami kenaikan cukup signifikan dan rendahnya penjualan produk Mitsubishi pada tahun 2020 disebabkan oleh salah satu faktor yaitu pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan ekonomi menurun. Saran strategi bisnis yang dapat dihasilkan dari informasi dashboard visualisasi data tersebut yaitu meningkatkan kuantitas beberapa type model dan penambahan fitur keamanan pada setiap type model pada produk Mitsubishi.
Copyrights © 2024