Molucca Medica
Vol 17 No 1 (2024): VOLUME 17, NOMOR 1, APRIL 2024

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU DISIPLIN PADA MAHASISWA TAHAP KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA DI RSUD dr. M. HAULUSSY AMBON

Karwur, Madeline (Unknown)
Que, Bertha Jean (Unknown)
Bension, Johan Bruiyf (Unknown)
Lekatompessy, Jerome Constantine (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Motivasi merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa kedokteran tahap klinik sebagai pendorong dalam proses pendidikan dokter dan penentu perilaku mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan dokter. Berbagai hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara motivasi belajar terhadap perilaku disiplin dan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap perilaku disiplin pada mahasiswa tahap klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan menggunakan teknik total sampling pada seluruh mahasiswa tahap klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Pengambilan data mengenai motivasi belajar menggunakan Academic Motivation Scale Questionnaire (AMS-Q) yang telah tervalidasi dan perilaku disiplin menggunakan daftar hadir mahasiswa tahap klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura di RSUD dr. M. Haulussy Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 84 sampel penelitian, mayoritas mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi yaitu sebanyak 26 orang (69%). Data perilaku disiplin menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki perilaku tidak disiplin yaitu sebanyak 66 orang (78,6%). Mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi yang berperilaku disiplin sebanyak 11 orang (42,3%), sedangkan mahasiswa dengan motivasi belajar rendah yang berperilaku tidak disiplin sebanyak 51 orang (87,9%). Hasil uji chi square dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap perilaku disiplin pada mahasiswa tahap klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura di RSUD dr. M. Haulussy Ambon dengan nilai signifikansi p = 0,003. Perlu diadakan penelitian yang sama pada mahasiswa preklinik agar dapat melihat motivasi dari awal mengikuti perkuliahan atau sebelum memasuki tahap klinik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

moluccamedica

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health

Description

Molucca Medica is a peer-reviewed and open access journal that focuses on promoting medical sciences generated from basic sciences, clinical, and community research to integrate researches in all aspects of human health. This journal publishes original articles, reviews, and also interesting case ...