Berdasarkan hasil observasi pada praktik pembelajaran sepak takraw selama proses pembelajaran yang sudah berlangsung pengajar dalam pengelolaan kelas masih cenderung berpusat pada pengajar (teacher center) dan belum menerapkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial materi smash gunting dan smash gulung dalam permainan sepak takraw. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) Implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan ahli desain pengembangan, ahli isi bidang studi atau pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 7 orang mahasiswa Penjaskesrek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 95% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 94% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 95% (sangat baik), uji ahli praktisi lapangan memperoleh skor 95% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh skor 94,20% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,35% (sangat baik). Diperoleh simpulan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial materi teknik dasar smash gunting dan smash gulung dalam permainan sepak takraw ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023