ABSTRAK Pertumbuhan bisnis digital atau digital marketing memberi dampak kemajuan pada berbagai sektor yang baik di kehidupan manusia. Pemasaran digital telah mengubah cara perusahaan beroperasi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas Digital Marketing SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), SMO (Social Media Optimization), SMM (Social Media Marketing). Penelitian dengan kualitatif asosiatif, menggunakan data utama atau primer dan sekunder dimana tabulasi sederhana sebagai perhitungan dari skor rata-rata. Kemudian uji validitas, reliabilitas, dan normalitas dengan menggunakan regresi linier sederhana, dimana uji suatu hipotesis dengan melakukan parsial atau uji-t dan simultan sengan kata lain uji F serta uji pada koefisien menghasilkan determinasi yang diolah dengan menggunakan IBM SPSS 25 yang masuk dalam metode analisis data yang digunakan. Hasil data penelitian menunjukkan tingkat efektivitas Digital Marketing dan Pengambilan Keputusan sebesar 3,45 dan 3,42 yang jika dimasukkan ke dalam skala keputusan masuk dalam kategori efektif, rentang 3,40 - 4,20. Analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 220,223 dengan nilai F tabulasi sebesar 3,94 dan t hitung sebesar 16,087 dengan nilai t tabulasi sebesar 1,986 pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan adanya pengaruh keputusan Digital Marketing (X1). Oleh karena itu, semakin baik Digital Marketing maka akan semakin berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi. Nilai R-square sebesar 0,698 berarti Digital Marketing mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi OVO 69,8% selebihnya bernilai 30,2%. Koefisien determinasi 73,27% menunjukkan 73,27% perubahan Pengambilan dari suartu keputusan para pemakai OVO. Kata kunci : Aplikasi OVO, Bisnis, Digital Marketing, Ekonomi, Keputusan Penggunaan. ABSTRACT The growth of digital business or digital marketing has impacted progress in various good sectors of human life. Digital marketing has changed the way companies operate and communicate with customers. This study aims to analyze the level of effectiveness of Digital Marketing SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), SMO (Social Media Optimization), SMM (Social Media Marketing). Research with associative qualitative, using primary or primary and secondary data where simple tabulation as a calculation of the average score. Then test the validity, reliability, and normality using simple linear regression, where the test of a hypothesis by doing a partial or t-test and simultaneous in other words the F test and test the coefficient of determination processed using IBM SPSS 25 which is included in the data analysis method used. The results of the research data show the level of effectiveness of Digital Marketing and Decision Making of 3.45 and 3.42 which if put into the decision scale falls into the effective category, the range of 3.40 - 4.20. The F test analysis obtained a calculated F value of 220.223 with a tabulated F value of 3.94 and t count of 16.087 with a tabulated t value of 1.986 at a significance level of 5%, indicating the influence of Digital Marketing (X1) decisions. Therefore, the better the Digital Marketing, the more it will affect the use of the application. The R-square value of 0.698 means that Digital Marketing affects the decision to use the OVO application 69.8%, the rest is worth 30.2%. The coefficient of determination of 73.27% shows 73.27% change in the take-up of the decision of OVO users. Keywords: OVO App, Business, Digital Marketing, Economy, Usage Decision.
Copyrights © 2024