DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 5 No. 1 (2024): DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA BUMDES MEKAR JAYA DI DESA CITTA KAB. SOPPENG

Darmawan, Darmawan (Unknown)
Nurul Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Keberhasilan suatu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam menjalankan misinya terutama dalam hal peningkatan kinerjanya berupa peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sangat ditentukan oleh kompetensi pengelolanya. Sebab kompetensi pengelola merupakan karakteristik dasar yang turut mempengaruhi pencapaian kinerja suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kompetensi pegawai terhadap kinerja Bumdes mekar jaya didesa citta kabupaten soppeng. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dimana dalam melihat pengaruh variabel terhadap obyek yang diteliti lebih bersifat sebab akibat (kausal). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, kuisioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Setelah melakukan proses analisis maka menunjukkan bahwa variable kompetensi pegawai memiliki nilai signifikansi sebesar 0,021 sehingga dapat dinyatakan signifikansi karena variable kompetensi pegawai lebih kecil dari nilai signifikansi yaitu 0,05. Ini menunjukkan bahwa variable kompetensi pegawai memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja BUMDes pada Bumdes Mekar Jaya di Desa Citta Kabupaten soppeng.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decision

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare dengan frekuensi dua kali dalam setahun, yaitu Februari dan Oktober. Jurnal DECISION sebagai wadah pengembangan ilmu manajemen yang terdiri dari manajemen ...