INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 12, No 1 (2024): INPAFI

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

Sari NS, Intan Kemala (Unknown)
Purwanto, Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment design dengan bentuk desain Two Group Design dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini terdisi dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA I sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest di kelas eksperimen masingmasing adalah 23,00 dan 60,00 sedangkan nilai rata-rata pretest dan postest di kelas kontrol masing-masing adalah 22,00 dan 46,00. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...