Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan PT. Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner tertutup melalui media google form yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan pengujian analisis uji regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan linearitas variabel X dan Y, uji korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y, dan uji T untuk menguji hipotesis yang diajukan, yang semua pengujian tersebut menggunakan software SPSS (Statistical Program for Social Sciences) versi. 22 for windows. Populasi Penelitian ini berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling (pengambilan sampel acak berdasar area atau wilayah). 30 orang tersebut terdiri dari Pelajar SMA Kelas 11 di Wilayah Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang sedang dari citra perusahaan PT, Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina. dimana semakin baik citra perusahaan, maka akan semakin meningkat keputusan calon mahasiswa untuk memilih Universitas Pertamina. Berdasarkan uji korelasional dengan menggunakan Pearson Product Momen diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,324 atau (32,4%), hal ini menunjukkan bahwa pengaruh citra perusahaan PT.Pertamina (Persero) terhadap keputusan calon mahasiswa memilih Universitas Pertamina sebesar 32,4% sedangkan sisanya sebesar 67,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023