Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2022): Mei - Agustus 2022

The influence of digital literacy on students' independent learning mathematics

Mulyadi, Redi (Unknown)
Afriansyah, Ekasatya Aldila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Literasi digital didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien untuk menemukan, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi. Kemandirian belajar matematika adalah kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri dan mengelola proses pembelajaran mereka sendiri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Rancabango Garut yang berjumlah 80 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 30 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Siswa yang memiliki tingkat literasi digital yang tinggi lebih cenderung untuk memiliki kemandirian belajar matematika yang baik, karena mereka dapat menggunakan teknologi digital untuk mencari informasi, mengevaluasi dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...