Apotek Prima Anugerah merupakan salah satu jenis usaha perdagangan dalam bidang kesehatan yang menjual beragam jenis obat dan alat kesehatan. Apotek Prima Anugerah hanya menempatkan tata letak obat tidak berdasarkan pola pembelian konsumen. Hal ini membuat pegawai apotek kesulitan dalam mencari obat yang akan dibeli oleh konsumen. Peningkatan pelayanan pada apotek Prima Anugerah dapat dilakukan dengan melakukan penempatan tata letak obat yang sesuai dengan pembelian konsumen. Pada penelitian ini peneliti menganalisa algoritma FP-Growth dalam menemukan aturan asosiasi dari pola belanja konsumen yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan tata letak obat berdasarkan pola pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi tata letak obat dan menentukan tata letak obat berdasarkan pola pembelian konsumen di Apotek Prima Anugerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pada bulan juni 2022 dengan total transaksi 500 penjualan obat. Untuk mengidentifikasi tujuan pada penelitian ini peneliti melakukan proses perhitungan menggunakan metode FP-Growth dengan nilai minimum support 3%, 6%, 9%, 12%, 15% yang menghasilkan 2 aturan asosiasi untuk dijadikan sebagai acuan dalam menentukan tata letak obat. Dengan menggunakan metode algoritmaFP-Growth pihak apotek Prima Anugerah dapat mengetahui obat yang sering dibeli oleh konsumen, sehingga pihak apotek biasa mengambil keputusan dalam penyediaan stok obat di apotek Pirma Anugerah.
Copyrights © 2024