Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Sustainable Development Goal in Mathematics and Mathematics Education

Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

Salwah, Salwah (Unknown)
Ashari, Nur Wahidin (Unknown)
Nurfitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi yang berkategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, dimana dalam penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis, lembar kerja peserta didik, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kategori tinggi yaitu terletak pada indikator fluency, flexibility, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori sedang yaitu terletak pada indikator fluency, originality dan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah yaitu terletak pada indikator fluency.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...