Pentingnya kesiapan belajar siswa dalam belajar matematika dapat mempengaruhi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun tujuan penelitian ialah untuk melihat pengaruh kesiapan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Menggunakan metode korelasi karena ingin melihat pengaruh antar variabel satu terhadap variabel lainnya. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kesiapan belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0,014 < 0,05 dan thitung 2,544 < ttabel 2,000 sehingga, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar(X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis(Y).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024