Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan rumah tangga pada PT. PLN (Persero) Rayon Jayapura dapat terbukti karena hasil nilai t hitung variabel kualitas layanan (X) sebesar 9,976 > nilai t tabel 1,644 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < α 0,05. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 0,677 + 0,854X yang menunjukkan bahwa nilai konstanta 0,677 yang berarti bahwa apabila tidak memperhitungkan variabel kualitas layanan (X) maka kepuasan pelanggan rumah tangga pada PT. PLN (Persero) Rayon Jayapura sebesar 0,677 dan nilai koefisien regresi (R) sebesar 0,854 menunjukkan bahwa apabila kualitas layanan meningkat sebesar satu maka, akan berpengaruh terhadap meningkatnya kepuasan pelanggan rumah tangga pada PT. PLN (Persero) Rayon Jayapura sebesar 0,854.Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,712 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan rumah tangga pada PT. PLN (Persero) Rayon Jayapura dan nilai koefisien determinasi R² sebesar 0,506 menunjukkan bahwa variabel bebas kualitas layanan (X) mampu mempengaruhi atau menerangkan variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan rumah tangga (Y) pada PT. PLN (Persero) Rayon Jayapura sebesar 0,506 atau 50,6% sedangkan sisanya sebesar 0,494 atau 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2019