Organizational Citizenship Behavior (OCB) menjadi tantangan di dunia kerja saat ini, karena organisasi tentunya akan merasa senang apabila memiliki karyawan yang berperilaku OCB. Organisasi perlu memperhatikan karyawan serta dapat mengelola karyawan agar memiliki karyawan yang unggul tidak dimiliki oleh organisasi lain. Dalam hal ini juga akan menguntungkan bagi organisasi. Permasalahan yang terjadi di organisasi berkaitan dengan etos kerja seperti  kedisiplinan. Maka dari itu, perlu membangun model OCB yang memberikan dampak Job Satisfaction di tempat kerja. Dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut organisasi dapat memfasilitasi agar timbulnya etos kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sejumlah 138 responden Tenaga Alih Daya PT Pertamina Lubricants – Production Unit Cilacap. Instrumen analisis regresi linier berganda dan data diolah menggunakan SPSS. Hasil pengujian empiris membuktikan bahwa dimensi OCB meliputi altruism, conscientiousness, courtesy, sportsmanship, dan civic virtue terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap job satisfaction. Kontribusi studi ini menggunakan perspektif human capital theory dengan implikasi manajerial yang menekankan pentingnya membangun lingkungan kerja yang adaptif, membangun budaya koletivisme lebih baik dan meningkatkan spiritual di tempat kerja.
Copyrights © 2024