Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 2 : Al Qalam (Maret 2024)

Strategi Aktivasi Merek KH-Q untuk Meningkatkan Kesadaran Merek (Studi Kasus Brand Air Minum Dalam Kemasan KH-Q)

Hikami, Syaroful (Unknown)
Sukresna, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Dalam era globalisasi yang pesat, persaingan di berbagai industri juga semakin ketat, termasuk industri air minum, termasuk industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia. Penelitian ini menggambarkan kondisi AMDK di Indonesia, di mana terdapat banyak merek dari berbagai perusahaan, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkontribusi dalam persaingan pasar. Selain itu, terjadi peningkatan konsumsi AMDK sebagai sumber air rumah tangga di Indonesia. Kesadaran merek di kalangan konsumen, memainkan peran penting dalam persaingan di industri AMDK. Penelitian ini mencantumkan hasil riset pendahuluan yang menunjukkan bahwa merek AMDK "KH-Q" memiliki tantangan dalam menciptakan Kesadaran Merek yang kuat di berbagai daerah pemasaran mereka. Meskipun memiliki cakupan yang luas, KH-Q belum berhasil membuat merek mereka dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran yang diterapkan oleh KH-Q dalam meningkatkan kesadaran merek mereka. Penelitian akan berfokus pada Kesadaran Merek KH-Q dengan melihat strategi pemasarannya melalui Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan Aktivasi Merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian langsung, yaitu hasil wawancara dan dokumentasi dengan narasumber dari perusahaan KH-Q. Teknik analisis data yang akan digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Proses uji validitas dan reliabilitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...