Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 3 : Al Qalam (Mei 2024)

Watch Party: A Way to Boost Student Engagement in Teaching

Situmorang, Dosma (Unknown)
Chastanti, Ika (Unknown)
Harahap, Risma Delima (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan video sebagai sumber belajar akan memudahkan peserta didik saat berlangsungnya proses belajar mengajar, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami dan mengerti materi yang disampaikan khususnya pada materi biologi. Dengan adanya video dalam pembelajaran dapat mewujudkan situasi pembelajaran lebih efektif,efesien,dan semakin membuat semangat peserta didik dalam belajar,juga membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Proses pembelajaran menjadi cepat dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan adanya tujuan dan peran yang sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis video yang diberikan sebelum pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dinarasikan secara deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,angket,dan observasi. Hasil penelitian ini dengan lima indikator maka diperoleh video menciptakan pengalaman sensorik yang lebih menarik sangat setuju,video menyediakan sumber daya pengetahuan sangat setuju,video meningkatkan retensi pengetahuan sangat setuju,video sangat membantu dalam pembelajaran sangat setuju,dan video meningkatkan literasi digital dan komunikasi sangat setuju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...