Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 5 : Al Qalam (September 2024)

Pengembangan Instrumen Kompetensi Pedagogik untuk Menilai Kinerja Pendidik Sekolah Dasar

Krisdiani, Liza (Unknown)
Riswandi, Riswandi (Unknown)
Handoko, Handoko (Unknown)
Haenilah, Een Y. (Unknown)
Jaya, Thoha BS. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Masalah penelitian ini yaitu menyangkut kinerja pendidik yang masih dalam kategori relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pengembangan instrumen kompetensi pedagogik terhadap kinerja pendidik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R & D atau metode penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah pendidik SDN 1 Sumber Agung yang berjumlah 50 pendidik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 dari 50 orang pendidik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan instrumen kompetensi pedagogik sangat valid untuk digunakan.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja  pendidik sebesar 78,2%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen kompetensi pedagogik yang dikembangkan valid dan efektif untuk menilai kinerja pendidik Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...