Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 4 : Al Qalam (Juli 2024)

Studi Komparatif Pemasaran Paket Umroh dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah pada PT. Mahabbah Wisata Semarang dan PT. Arrahmah Kendal

Putri, Dini Kurnia (Unknown)
Rozaq, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta memadankan strategi pemasaran paket umroh pada PT Mahabbah Semarang dan PT Arrahmah Kendal dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah umrohnya, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung terhadap kedua perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dengan pondok pesantren dan penyelenggaraan seminar telah memberikan peningkatan jamaah secara signifikan dalam pemasaran paket Umrah bagi PT. Mahabbah Wisata Semarang, dengan peningkatan yang cukup tinggi jumlah jamaah yang mendaftar. Sementara itu, PT. Arrahmah Kendal masih memiliki potensi untuk mengadopsi strategi serupa guna meningkatkan efisiensi pemasaran mereka. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya strategi pemasaran kolaboratif antara agen perjalanan dengan lembaga keagamaan dalam mengembangkan bisnis paket perjalanan religius seperti Umrah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi agen perjalanan umroh untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan jamaah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...