Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta memadankan strategi pemasaran paket umroh pada PT Mahabbah Semarang dan PT Arrahmah Kendal dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah umrohnya, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung terhadap kedua perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dengan pondok pesantren dan penyelenggaraan seminar telah memberikan peningkatan jamaah secara signifikan dalam pemasaran paket Umrah bagi PT. Mahabbah Wisata Semarang, dengan peningkatan yang cukup tinggi jumlah jamaah yang mendaftar. Sementara itu, PT. Arrahmah Kendal masih memiliki potensi untuk mengadopsi strategi serupa guna meningkatkan efisiensi pemasaran mereka. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya strategi pemasaran kolaboratif antara agen perjalanan dengan lembaga keagamaan dalam mengembangkan bisnis paket perjalanan religius seperti Umrah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi agen perjalanan umroh untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan jamaah.
Copyrights © 2024