Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 3 : Al Qalam (Mei 2024)

Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Impementasi Platform E-Learning

Muttaqin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dengan fokus pada implementasi aplikasi e-learning. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur. Selanjutnya, informasi yang telah diperoleh dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan aplikasi e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dianggap memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas pendidikan. Dalam hal ini, teknologi dimanfaatkan sebagai alat untuk mengintegrasikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara interaktif dan fleksibel. Dampaknya, siswa dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Selain itu, aplikasi e-learning juga memungkinkan pemantauan dan penilaian kemajuan siswa dengan lebih efisien. Namun, keberhasilan implementasi ini sangat bergantung pada ketersediaan infrastruktur, pelatihan pengguna, dan dukungan teknis yang memadai untuk memaksimalkan potensi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui teknologi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...