Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 6 : Al Qalam (November 2023)

Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan di Restoran Torimoshi Yakitori Bar Semarang

Fikri, Raden Muhammad Mukhlis (Unknown)
Sukresna, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Dalam bisnis kuliner pelanggan merupakan prioritas utama, upaya yang dapat dilakukan restoran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu melihat kebutuhan dan keinginan pelanggan menjadi faktor utama dalam keberhasilan sebuah restoran. Salah satu faktor utama dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yaitu kualitas pelayanan dari sebuah restoran (Maimunah et al., 2019). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan strategi dalma meningkatkan kualitas pelayanan di restoran Torimoshi Yakitori Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terjadi  dengan Teknik populasi data melalui survey dan wawancara terhadap beberapa responden. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini ditemukan masih terdapat kendala dari karyawan dalam memberikan pelayanan yang baik di Torimoshi. Kendala yang terjadi seperti kurang fokus dan terampilnya karyawan yang menyebabkan proses penyajian pesanan menjadi terhambat, ketidak telitian karyawan sebelum menyajikan pesanan dan kurangnya fasilitas westafel, kipas angin, dan tempat sampah di area konsumen. Dengan demikain upaya-upaya yang dapat dilakukan manajemen restoran antara lain; mengadakan pelatihan kembali terhadap semua karyawan dalam meningkatkan keterampilan setiap karyawan serta selalu melakukan briefing sebelum memulai shift. Melakukan pendampingan karyawan oleh supervisor sehingga karyawan dapat menerapkan standar operasional restoran yang sudah ada. Melakukan penambahan fasilitas berdasarkan urgensi dan prioritas dari rencana kedepan dari restoran, dimana dengan penambahan fasilitas yang diharapkan oleh konsumen, dapat meningkatkan performa pelayanan di Torimoshi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...