Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 4 : Al Qalam (Juli 2024)

Pengaruh Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Al-Ittihad

Pratiwi, Intan (Unknown)
Siregar, Zunaidy Abdullah (Unknown)
Khairul, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kemampuan Seorang Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pencernaan Manusia Amat Sangat Rendah Karena Dalam Menyelesaikan Masalah Biologi, Dikarenakan Dalam Proses Pembelajaran Tidak Membiasakan Siswa Untuk Berpikir Dengan Lebih Kreatif. Hal Tersebut Dikarenakan Proses Pembelajaran Dikelas Guru Masih Menerapkan Metode Konvensional, Dan Membuat Peserta Didik Yang Ada Di Kelas Belum Mencapai Nilai Di Atas Kkm. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Melihat Model Pembelajaran Media Video Sebagai Suatu Rangkaian Pembelajaran Dalam Penyelesaian Dan Pemecahan Masalah Secara Sistematis Berdasarkan Kreativitas Yang Dimiliki Siswa Untuk Menghasilkan Solusi Yang Efektif. Penelitian Ini Adalah Penelitian Menggunakan Metode Quasi Eksperimen Menggunakan Teknik Purposive Sampling. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas Xi MIPA Sekolah Al-Ittihad Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel Dalam Penelitian Ini Ada Dua Kelas, Yaitu Satu Kelas Xi Ipa-3 Sebanyak 35 Peserta Didik Sebagai Kelas Eksperimen Dan Satu Kelas Xi Ipa-2 Sebanyak 36 Peserta Didik Sebagai Kelas Kontrol. Instrument Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Bentuk Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pencernaan Manusia Dalam Bentuk Tes Tertulis, Tes Hasil Dan Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Proses Pembelajaran. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Statistik Deskriptif Dan Analisis Statistik Inferensial. Berdasarkan Hasil Pengolahan Data Diperoleh Nilai ????ℎ???????????????????? =  4.925 > ???????????????????????? = 1.666, Dengan Demikian Ho Ditolak, Yang Berarti Bahwa Terdapat Pengaruh Pembelajaran Media Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Siswa Kelas Xi MIPA Sekolah Al-Ittihad.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...