Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sejumlah informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations dalam pelaksanaannya dikatakan memiliki namun tidak dapat dikatakan efektif secara keseluruhan. Hal ini berdasarkan indikator yang digunakan yaitu (1) Managing Relations, Public Relations telah membayangi beberapa media untuk melaporkan hal-hal tentang kegiatan DPRD umum atau lainnya bahkan ada beberapa momen kegiatan yang dilakukan secara individu oleh anggota dewan yang melibatkan media seperti kegiatan reses skala individu yang telah berhasil dilaporkan kepada publik sehingga hubungan menjadi erat. (2) Mengembangkan Strategi, Media memberikan surat permohonan untuk bekerja sama dengan DPRD kemudian Divisi Humas mengakomodasi dan menyeleksi media untuk menjalin hubungan kerja sama terkait informasi atau berita tentang kegiatan anggota DPRD. (3) Mengembangkan Jaringan, Divisi Humas DPRD Kota Makassar melakukan pendekatan Persuasif melalui grup media sosial dengan media, sehingga ketika ada kegiatan DPRD disampaikan langsung melalui Grup, kemudian dikelola oleh media untuk dilemparkan ke publik berdasarkan pengamatan Divisi Humas.
Copyrights © 2022