Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif produser program Talkshow Makbicara dalam mempertahankan programnya, serta untuk mengetahui faktor penghambat yang dapat mempengaruhi program Talkshow Makbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Karena penelitian ini membutuhkan observasi di lapangan, dan juga peneliti melakukan wawancara kepada para narasumber yang berkaitan dengan peneltian ini. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena peneliti ingin menjabarkan atau menggambarkan tindakan kreatif atau trik-trik yang diterapkan produser program Talkshow Makbicara dalam upaya mempertahankan eksistensi programnya di stasiun Fajar TV Makassar. Adapun hasil penelitian ini adalah tentang target penonton kalangan remaja dan dewasa, bahasa naskah mengngunakan bahasa formal, format acara news dan informasi, punching linenya menggunakan pertanyaan kerjutan, clip hanger untuk membuat penasaran penonton, tune berdurasi 30 detik dan bumper berdurasi 18 detik, penataan artistic menggunakan studio permanen dan studio outdoor, serta melakukan general rehearsel untuk memastikan kesiapan sebelum proses produksi berlangsung. adapun faktor penghambatnya yaitu meliputi faktor teknis yaitu kedisiplinan tim produksi, gangguan peralatan serta lighting (Pencahayaan) dan faktor non teknis meliputi kesiapan narasumber, cuaca serta macet, yang dapat mempengaruhi keberlangsungan produksi program Talkshow Makbicara.
Copyrights © 2023