Penelitian ini menganalisis pola komunikasi organisasi di Kantor Camat Tallo, Kota Makassar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana hubungan komunikasi formal dan nonformal antara pimpinan dan pegawai berlangsung serta mengidentifikasi hambatan yang ada dalam proses komunikasi tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif antara pimpinan dan staf sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Komunikasi formal sering digunakan dalam situasi resmi, sedangkan komunikasi nonformal lebih umum dalam interaksi sehari-hari. Namun, terdapat beberapa hambatan, seperti kurangnya pemahaman di antara pegawai dan keterbatasan waktu, yang dapat mengganggu proses komunikasi ini. Penjelasan mengenai pola komunikasi yang baik dan efektif diharapkan memberi wawasan baru bagi pengembangan organisasi. Dalam konteks ini, penelitian ini juga berkontribusi pada pengembangan teori komunikasi organisasi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan praktik manajerial di instansi pemerintahan. Dengan demikian, komunikasi yang baik dapat meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan organisasi yang lebih baik.
Copyrights © 2023