Dampak buruk yang ditimbulkan game online, Hubungan interpersonal antara guru dan siswa memiliki peran penting dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal guru dalam menangani masalah kecanduan game online pada siswa di SMK Negeri 3 Pinrag dan untuk mengatahui faktor pendukung dan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru dalam menangani masalah tersebut, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru melalui sikap (1) keterbukaan, yaitu komunikasi yang terbuka antara guru dan siswa. (2) kesetaraan, yaitu komunikasi yang setara antara guru dengan siswa tanpa ada pihak yang keberatan. (3) empati, yaitu adanya rasa peduli terhadap siswa. (4) dukungan, yaitu guru merangkul siswa dengan mengadakan turnamen game online dan (5) sikap positif, yaitu guru menciptakan suasana yang santai dan berbaur dengan siswa. Adapun faktor pendukung komunikasi interpersonal guru yaitu, (1) guru dapat dengan bebas berkomunikasi dengan siswa kapan pun dan dimana pun, (2) siswa dapat menerima kritik dan masukan dadri guru. Sedangkan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru yaitu, (1) banyaknya siswa yang kecanduan game online, (2) tidak adanya larangan bermain game online di sekolah.
Copyrights © 2024