Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
Vol 6, No 2 (2024): AGUSTUS

Peran Komunikasi Interpersonal Guru dalam Menangani Masalah Kecanduan Game Online pada Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 3 Pinrang)

Qatira, Atika (Unknown)
Arni, Arni (Unknown)
M, Indah Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Dampak buruk yang ditimbulkan game online, Hubungan interpersonal antara guru dan siswa memiliki peran penting dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal guru dalam menangani masalah kecanduan game online pada siswa di SMK Negeri 3 Pinrag dan untuk mengatahui faktor pendukung dan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru dalam menangani masalah tersebut, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru melalui sikap (1) keterbukaan, yaitu komunikasi yang terbuka antara guru dan siswa. (2) kesetaraan, yaitu komunikasi yang setara antara guru dengan siswa tanpa ada pihak yang keberatan. (3) empati, yaitu adanya rasa peduli terhadap siswa. (4) dukungan, yaitu guru merangkul siswa dengan mengadakan turnamen game online dan (5) sikap positif, yaitu guru menciptakan suasana yang santai dan berbaur dengan siswa. Adapun faktor pendukung komunikasi interpersonal guru yaitu, (1) guru dapat dengan bebas berkomunikasi dengan siswa kapan pun dan dimana pun, (2) siswa dapat menerima kritik dan masukan dadri guru. Sedangkan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru yaitu, (1) banyaknya siswa yang kecanduan game online, (2) tidak adanya larangan bermain game online di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jko

Publisher

Subject

Humanities

Description

Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan ...