Permasalahan nilai berita menjadi perhatian besar dalam penyebaran konten berita di platform media sosial. Salah satu platform media sosial yang mendorong para pembuat konten untuk menciptakan konten berita adalah platform Snack Video. Manajemen platform Snack Video memberlakukan aturan yang ketat yang harus dipatuhi oleh semua penggunanya untuk memastikan bahwa semua konten yang dibuat oleh para pembuat konten memiliki nilai berita. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi interpretasi aturan nilai berita ini dengan menggunakan model transmisi pesan Shannon dan Weaver. Penelitian ini menggunakan literatur sebagai teknik pengumpulan data sambil menerapkan metode fenomenologi untuk menjelaskan bagaimana konten audio-visual digunakan untuk menyebarkan informasi melalui media sosial. Temuan penelitian mengidentifikasi bahwa penggunaan regulasi yang disampaikan melalui transmisi pesan ini terbukti meningkatkan kualitas konten berita di Snack Video melalui pemahaman para pembuat konten terhadap aturan yang ditetapkan oleh manajemen Snack Video. Manajemen Snack Video juga ditemukan telah membuat beberapa persyaratan khusus untuk setiap konten berita yang akan diperiksa secara manual oleh tim agensi menggunakan parameter kualitas yang telah ditetapkan secara rinci.
Copyrights © 2023