Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas VII, di mana dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yakni satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, di mana dua kelas dipilih berdasarkan karakteristik yang dianggap relevan untuk tujuan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan MANCOVA. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project-Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 16 Kota Bengkulu secara signifikan setelah memperhitungkan kemampuan awal siswa, dengan nilai pengaruh mencapai 78,7%. Selain itu, pengaruh dari kemampuan awal terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama adalah sebesar 56,5%. Kata Kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika, KemampuanĀ Berpikir Kritis
Copyrights © 2024