Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 2 (2024): MARCH

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN METODE NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Nurmanto Prengki (Unknown)
Jamilah (Unknown)
Reni Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metodologi studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode analisis kesalahan Newman untuk menguji, dari segi gaya kognitif, kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita SPLTV. Penelitian dilakukan terhadap 26 siswa di SMA Negeri 1 Ledo. Pada tahap wawancara, dua siswa dipilih dari masing-masing tiga kategori sesuai dengan pendekatan kognitif FD dan FI.  Berdasarkan data hasil pengelompokan gaya kognitif berdasarkan hasil tes GEFT dapat diketahui bahwa 14 siswa memiliki gaya kognitif tipe Field Independent (FI) dan 12 siswa memiliki tipe Field Dependent (FD). Kesalahan total yang dilakukan oleh peserta didik dalam meneyelesikan soal cerita materi SPLTV menurut tahapan Newman sebanyak 54,2%. Menurut tahapan Newman berdasarkan gaya kognitif tipe FI dan FD pada tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, ada beberapa alasan mengapa siswa melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal cerita. Secara keseluruhan peserta didik melakukan kesalahan membaca (reading) sebanyak 9,6% kesalahan memahami soal (comprehension)  sebanyak 96% kesalahan transformasi (transformation) sebanyak 34,6% kesalahan keterampilan proses (process skills) sebanyak  66,3% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 64,4%. Maka kesalahan total yang dilakukan oleh peserta didik dalam meneyelesikan soal cerita materi SPLTV menurut tahapan Newman sebanyak 54,2%. Kata Kunci: kesalahan siswa, metode newman’s error analysis, gaya kognitif, SPLTV

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...