Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 3 (2024): JULY

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP

Ain, Nur (Unknown)
Nurul Hilda Syani Putri (Unknown)
Mariyanti Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis konteks kemaritiman untuk membantu pembelajaran penyajian data bagi siswa kelas VII SMP. Media tersebut dikembangkan melalui platform Scratch dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mempunyai validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, persentase materi dan media masing-masing mencapai 87,27% dan 83,84% (kategori sangat efektif). Persentase kepraktisan media dari sudut pandang guru dan siswa masing-masing mencapai 100% dan 87% (kategori sangat praktis). Uji efektivitas media dengan menggunakan tingkat ketuntasan dan N-Gain. Tingkat ketuntasan siswa mencapai 90% dan nilai N-Gain sebesar 0,64 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa media efektif sebagai penunjang proses pembelajaran. Kata Kunci: konteks kemaritiman, media pembelajaran interaktif, penyajian data, scratch

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...