Jurnal Teknologi Informasi
Vol 3, No 1 (2024): Mei

Rancang Bangun Game Tebak Pahlawan Sebagai Media Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Adobe Animate 2023

Murthado, Rizky Alrino (Unknown)
Suharsono, Suharsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Pahlawan merupakan gelar seseorang yang telah berjasa dan berjasa terhadap suatu negara atau daerah. Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mengapresiasi jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk negara Indonesia, karena dari perjuangan para pahlawan kita kita bisa menikmati kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Namun belum banyak media yang dapat memberikan pengetahuan tentang pengenalan tokoh pahlawan kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa. Salah satu cara mengenalkan pahlawan adalah melalui media permainan sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Media game ini dibuat menggunakan aplikasi Adobe Animate 2023 dengan Action Script 3.0. Game ini mempunyai menu materi yang berisi kumpulan biografi pahlawan yang berisi teks cerita pahlawan dan audio penjelasan serta foto-foto pahlawan. Pada menu Game, tebak nama hero berdasarkan foto atau pertanyaan yang diberikan dan terdapat penjelasan jawaban yang benar dari pertanyaan di dalam game. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box pengujian untuk mengetahui fungsionalitas aplikasi game yang telah dibangun. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh modifikasi telah berfungsi sesuai dengan hasil yang diharapkan sehingga aplikasi game Tepak Pahlawan dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Informasi (JTIf) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar sejak Tahun 2022. Jurnal ini sebagai media publikasi naskah-naskah penelitian terbaik bagi peneliti yang sesuai dengan bidang keahliannya atau sub-bidang ...