Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan desain produk terhadap keunggulan bersaing. Data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4.351 + 0.474X1 + 0.371X2. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 91,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor inovasi produk (X1) dan desain produk (X2) dengan keunggulan bersaing (Y). Sedangkan untuk nilai koefisien diterminasi (R2) adalah sebesar 83% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor inovasi produk dan desain produk dengan keunggulan bersaing. Pengaruh inovasi produk dan desain produk sebesar 83% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keunggulan bersaing, sedangkan selebihnya 17% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung lebih besar dari T-tabel dengan taraf siginifikan 0,000, baik itu variabel inovasi produk dan desain produk secara parsial berpengaruh secara secara signifikan. Kata Kunci: Inovasi produk dan desain produk dengan keunggulan bersaing
Copyrights © 2024