Jurnal Ekobismen
Vol 4, No 2 (2024): Juni 2024

PERAN INOVASI PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI WARNA DIGITAL PRINT ACEH KECAMATAN MEUREUDU

Azli, Muhammad (Unknown)
Ismayli, Ismayli (Unknown)
Fakhrurrazi, Fakhrurrazi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk   dan desain produk terhadap  keunggulan bersaing. Data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian   diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y  =   4.351   +  0.474X1 + 0.371X2. Nilai koefisien korelasi  (R) sebesar 91,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor inovasi produk (X1) dan desain produk  (X2)  dengan  keunggulan bersaing   (Y).       Sedangkan untuk nilai koefisien diterminasi (R2) adalah  sebesar  83% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara  faktor inovasi produk   dan desain produk  dengan keunggulan bersaing. Pengaruh inovasi produk   dan desain produk  sebesar 83% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keunggulan bersaing,  sedangkan selebihnya 17% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung lebih besar dari T-tabel dengan taraf siginifikan 0,000, baik itu variabel inovasi produk   dan desain produk   secara parsial berpengaruh secara secara signifikan. Kata Kunci: Inovasi produk   dan desain produk  dengan keunggulan bersaing

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekobismen Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur merupakan jurnal 6 (enam) bulanan yang menyajikan 5 (Lima) tulisan tentang Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, Jurnal Ekobismen bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian di bidang ekonomi, bisnis, manajemen, dan Akuntansi kepada ...