Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Vol 7, No 2 (2023): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN

Analisis Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Le Minerale versi Pesan dari Ikatan Dokter Indonesia

Revaya, Muhammad (Unknown)
Nurani Muksin, Nani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2023

Abstract

ABSTRACTIn advertising practices in Indonesia, ethics is an important value that must be upheld by all advertisers. The Indonesian Advertising Council has realized how important ethics is in advertising to produce brilliant advertisements because of the greatness of their ideas, but adhere to ethical foundations. As one of the strategies in marketing communication activities, advertising needs to pay attention to ethics in conveying messages to the public. A special approach is needed in making advertisements to produce ethical advertisements according to the agreed terms. Therefore, this article aims to analyze violations of Indonesian Advertising Ethics found in Le Minerale advertisements. The research will discuss in depth the scenes that are considered to violate the rules of the advertising code of ethics. The research method used is a qualitative method using content analysis techniques and for the validity of the data, the researcher uses other references that are related and support this research. Keywords: Ethical Violation, Advertising, Advertising Ethics, Le Minerale ABSTRAKDalam praktik periklanan di Indonesia, etika menjadi nilai penting yang harus dijunjung tinggi oleh semua pelaku periklanan. Dewan Periklanan Indonesia telah menyadari betapa pentingnya etika dalam periklanan untuk menghasilkan iklan yang gemilang karena kehebatan gagasannya, namun berpegang teguh pada landasan etika. Sebagai salah satu strategi dalam kegiatan komunikasi pemasaran, iklan perlu memperhatikan etika dalam menyampaikan pesan ke masyarakat. Diperlukan pendekatan khusus dalam pembuatan iklan untuk menghasilkan iklan yang beretika sesuai ketentuan yang telah disepakati. Maka dari itu, artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia yang terdapat pada iklan Le Minerale. Penelitian akan membahas secara mendalam adegan (scene) yang dianggap melanggar peraturan kode etik pariwara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analasis isi dan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan referensi lain yang berkaitan dan mendukung penelitian ini. Kata Kunci : Pelanggaran Etika, Periklanan, Etika Pariwara, Le Minerale

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbkan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan ...