Dalam era digital saat ini, perencanaan strategis sistem informasi sangatlah diperlukan bagi lembaga pendidikan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran dan efisiensi terhadap operasional. Penelitian ini mengkaji perencanaan strategis sistem informasi dengan implementasi pendekatan Ward and Peppard dalam merancang kebutuhan SI/TI di SMA XYZ yang menjadikan komite pengelola yayasan sebagai pihak eksekutif yang bertanggungjawab dalam mengelola keuangan dan operasional secara menyeluruh. SMA XYZ yang merupakan lembaga pendidikan dengan standar unggul di Anyer. Pendekatan Ward and Peppard dipilih karena keunggulannya dalam menyelaraskan tujuan organisasi dengan teknologi informasi. Melalui pendekatan ini, penelitian ini mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh sekolah, termasuk kebutuhan akan sistem informasi yang terintegrasi untuk mengelola data siswa, memfasilitasi komunikasi antara guru dan orang tua, serta mengoptimalkan proses administratif dan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan objek penelitian berupa studi kasus di komite pengelola yayasan SMA XYZ. Data primer dikumpulkan melalui proses wawancara dan studi literatur sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan informasi utama dan merumuskan strategi TI yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi perencanaan strategis sistem informasi yang baik, sekolah dapat mencapai peningkatan signifikan dalam pengelolaan informasi pendidikan. Rekomendasi perencanaan strategis sistem informasi yang diberikan terdiri dari Learning Management Systems (LMS), sistem administrasi sekolah, aplikasi mobile, portal utama sekolah, helpdesk, dan aplikasi E-Library. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Ward and Peppard dinilai efektif dalam melakukan perencanaan sistem informasi pada SMA XYZ untuk mengembangkan kebutuhan SI/TI.
Copyrights © 2024