Ekasakti Matua Jurnal Manajemen
Vol. 2 No. 3 (2024): Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Juli 2024)

Pengaruh Internet Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang (Studi pada UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang)

Yusuf, Muhammad (Unknown)
Chandrayanti, Teti (Unknown)
Dwi Anggraeni, Meri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional. UMKM dapat menjadi tumpuan atau penopang pengentasan kemiskinan dan pengangguran dalam ekonomi kerakyatan, dan juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. Internet Marketing adalah penyelenggaraan perdagangan dalam bentuk penjualan, pembelian, pemesanan, pembayaran, dan promosi barang dan/atau jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer dan sarana komunikasi elektronik digital atau telekomunikasi data. Selain itu, bentuk perdagangan ini juga dapat dilakukan secara global, dengan menggunakan jaringan internet. Dalam perkembangan ini, UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian di Indonesia harus mampu menjawab tantangan tersebut dan harus mampu menjangkau perubahan di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet marketing terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Padang pada UMKM binaan Rumah Kreatif BNI Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh internet marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan jumlah sampel sebanyak 52 UKM. Untuk pengumpulan data diperoleh dari metode kuesioner kepada pelaku UMKM binaan RKB BNI di Kota Padang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hasil uji signifikansi parametrik individu (uji t) pada variabel internet marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan dari hasil analisis diketahui nilai thitung sebesar 5,974 > dari t tabel 3,311.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EMJM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM), merupakan jurnal peer-review yang dikelola dan diterbitkan empat kali dalam setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, LPPM Universitas Ekasakti dan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI) Publisher Group. EMJM ...