Rendahnya aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini disebabkan karena proses pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga peserta didik susah mngingat dan memahami pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan digunakan Model PBL, dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Powerpoint Canva. Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik dan peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V UPTD SDN Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 34 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru meningkat dari 26 hingga 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat dari 62% hingga 94% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 59% hingga 85%. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar peserta didik meningkat dari 68% hingga 94%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana sesuai kriteria yang ditetapkan, selain itu aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran PBL dan pendekatan TPACK berbasis media Powerpoint Canva di UPTD SDN Panggung Baru meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023