Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 1 No. 3 (2023): Oktober - Desember

Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model PBL Berbasis Media Powerpoint Canva

Dewi, Putri Puspita (Unknown)
Radiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Rendahnya aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini disebabkan karena proses pembelajaran masih bersifat satu arah sehingga peserta didik susah mngingat dan memahami pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan digunakan Model PBL, dan Pendekatan TPACK Berbasis Media Powerpoint Canva. Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik dan peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V UPTD SDN Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 34 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru meningkat dari 26 hingga 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat dari 62% hingga 94% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 59% hingga 85%. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar peserta didik meningkat dari 68% hingga 94%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana sesuai kriteria yang ditetapkan, selain itu aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran PBL dan pendekatan TPACK berbasis media Powerpoint Canva di UPTD SDN Panggung Baru meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...