Penelitian ini tentang integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran dengan berfokus pada bentuk dan proses serta metode dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Palu. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) model kurikulum pendidikan karakter adalah model hidden curriculum, dimana nilai-nilai karakter sudah terintegrasi dalam semua mata pelajaran. Sedangkan bentuk pengimplementasiannya dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas. (2) Model dan proses integrasinya dengan pemuatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dengan cara memasukan nilai-nilai tersebut dalam silabus dan RPP serta menginternalisaikannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab dalam kelas. (3) Metode pengintegrasiannya dengan menerapkan metode belajar yang melibatkan partisipasi aktif peserta didik, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga peserta didik dapat belajar dengan efektif dalam suasana yang aman dan penuh semangat serta termotivasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023