Memiliki tujuan guna meneliti pengaruh tax avoidance dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dimana transparansi infromasi menjadi variabel moderasi. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu perusahaan manufaktur di BEI. Data yang digunakan mulai tahun 2017 hingga 2020. Jenis penelitian yang dipergunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sementara datanya mempergunakan data sekunder. Populasi penelitian merupakan perusahaan Manufaktur sub sector makanan dan minuman berjumlah 31 perusahaan. Teknik mengambil sampelnya mengunakan purposive sampling, didapatkan sampel sejumlah 13 perusahaan. Metode analisis yang dipergunakan yaitu metode analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinan, serta uji hipotesis dengan MRA, uji t serta uji F. Hasil penelitian antara lain : 1) tax avoidance secara parsial tidak memengaruhi nilai perusahaan, 2) profitabilitas secara parsial memengaruhi nilai perusahaan, 3) tax avoidance dan profitabilitas secara simultan memengaruhi nilai perusahaan, 4) transparansi informasi memperlemah pengaruh tax avoidance pada nilai perusahaan, 5) transparansi informasi memperlemah pegaruh profitabilitas pada nilai perusahaan.
Copyrights © 2024