Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi anggota kelompok tani, persepsi wisatawan yang berkunjung, mengidentifikasi faktor internal dan ekternal agrowisata, serta mengalisis strategi pengembangan Agrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA). Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik Purposive. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi anggota kelompok tani mendapat nilai rata-rata 3,90 dengan kategori setuju, 2) persepsi wisatawan mendapat nilai rata-rata 3,83 dengan kategori setuju, 3) agrowisata petik apel KTMA berada pada kuadran II (dua), sehingga strategi yang cocok diterapkan adalah strategi diversifikasi yang dapat dilakukan dengan cara 1) meningkatkan kualitas agrowisata dengan ciri khas tersendiri, (2) meningkatkan kinerja kru agrowisata, (3) menambah keragaman produk dengan mutu terbaik, (4) memperhatikan pengaturan jarak tanam buah apel, (5) Bergabung dengan instansi pariwisata kota Batu untuk kegiatan promosi, (6) melakukan kerjasama dengan badan konversasi SDA, dan (7) melakukan penawaran harga special pada hari-hari tertentu.
Copyrights © 2023