Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan wisatawan, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal agrowisata, serta merumuskan strategi pengembangan Agrowisata Bale Tani Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index CSI untuk menganalisis kepuasan wisatawan dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kesesuaian (Tki) 96% artinya masih terdapat atribut agrowisata yang belum sesuai dengan harapan wisatawan, sedangkan indeks kepuasan wisatawan (CSI) sebesar 78,49% artinya wisatawan puas terhadap agrowisata. Strategi pengembangan hasil analisis SWOT menunjukkan posisi Agrowisata Bale Tani pada kuadran I artinya strategi yang tepat yaitu strategi SO (Strengths-Opportunities) karena mempunyai faktor internal (kekuatan) dan eksternal (peluang) yang kuat. Kata Kunci: agrowisata, CSI, Strategi Pengembangan
Copyrights © 2023