Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dot cards terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa autis kelas 1 dan 2 di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media dot cards terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa autis kelas 1 dan 2 di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-experimental. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 siswa autis. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan alat ukur berupa lembar observasi dan cheklist. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dot cards dalam peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa SD autis kelas 1 & 2 di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda, dimana hasil uji hipotesis (paired sampel t-test) diperoleh t = -26,750 dan p = 0,000 sehingga p < 0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media dot cards yang sangat signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa SD autis kelas 1 & 2 di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda.
Copyrights © 2024