Masalah yang sering dihadapi oleh peserta didik sekolah minggu Buddha Vihara Dhamma Guna di Desa Sampetan adalah kurangnya daya ingat peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu metode yang diterapkan untuk meningkatkan daya ingat yaitu metode belajar bernyanyi lagu Buddhis. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode belajar bernyanyi lagu Buddhis terhadap peningkatan daya ingat peserta didik Sekolah Minggu Vihara Dhamma Guna di Desa Sampetan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan instrumen angket tertutup. Jenis validitas yang digunakan adalah validitas construk dengan rumus korelasi product moment . Hasil sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest) diuji menggunakan uji t-test. Keadaan sebelum perlakuan (pretest) rata-rata peningkatan daya ingat sebesar 49% setelah perlakuan (posttest) meningkat menjadi 17% menjadi 66%. hasil penelitian dalam perhitungan t-test diperoleh Nilai Sig (tailed) yang di peroleh sebesar 0,000<0,05 maka, ho dinyatakan ditolak kemudian ha diterima, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum (posttest) dan setelah (posttest) diberi perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa terbukti ada pengaruh Metode belajar bernyanyi lagu Buddhis untuk meningkatkan daya ingat peserta didik sekolah minggu Buddha Vihara Dhamma Guna Desa Sampetan Tahun 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian ini, metode belajar bernyanyi dapat diterapkan di sekolah formal maupun nonformal untuk membantu meningkatkan daya ingat peserta didik.
Copyrights © 2023