Sumber daya manusia (SDM) mengacu pada kemampuan unik individu untuk berfungsi sebagai anggota masyarakat yang adaptif dan inovatif serta menjalani kehidupan yang sukses secara harmonis dan berkelanjutan dalam kerangka apa yang ingin dicapai potensi. SDM sangat penting bagi pengembangan strategi bisnis dan kewirausahaan karena keberhasilan bisnis atau perusahaan yang kompetitif bergantung pada keterampilan dan efektivitas karyawannya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan strategi bisnis di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode deskriptif dengan teknik kualitatif yang mengacu pada studi kajian literatur. Usaha-usaha untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi SDM dalam strategi bisnis perusahaan dapat dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu pertama, mencocokkan atau menyesuaikan gaya manajerial atau aktivitas personil, kedua, meramalkan kebutuhan tenaga kerja dengan memberikan sasaran-sasaran strategis atau kondisi lingkungan yang pasti, dan ketiga, menyediakan sarana-sarana integrasi SDM dalam usaha secara menyeluruh untuk menyesuaikan strategi dan struktur perusahaan. Melalui integrasi tersebut diharapkan tercapai efektivitas fungsi SDM dalam melakukan fungsinya, memberikan nilai tambah bagi organisasi, memperbaiki kinerja perusahaan, dan meningkatkan fleksibilitas organisasi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan bisnis dalam lingkungan bisnis yang makin kompetitif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024