Service Management Triangle : Jurnal Manajemen Jasa
Vol 6 No 1 (2024): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa

MANAJEMEN SDM DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN MENUJU EKONOMI DIGITAL

Anissa, Regina Nurfitriyani (Unknown)
Nurhasanah, Annisa (Unknown)
Veranita, Mira (Unknown)
Purwadhi, Purwadhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) mengacu pada kemampuan unik individu untuk berfungsi sebagai anggota masyarakat yang adaptif dan inovatif serta menjalani kehidupan yang sukses secara harmonis dan berkelanjutan dalam kerangka apa yang ingin dicapai potensi. SDM sangat penting bagi pengembangan strategi bisnis dan kewirausahaan karena keberhasilan bisnis atau perusahaan yang kompetitif bergantung pada keterampilan dan efektivitas karyawannya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan strategi bisnis di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode deskriptif dengan teknik kualitatif yang mengacu pada studi kajian literatur. Usaha-usaha untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi SDM dalam strategi bisnis perusahaan dapat dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu pertama, mencocokkan atau menyesuaikan gaya manajerial atau aktivitas personil, kedua, meramalkan kebutuhan tenaga kerja dengan memberikan sasaran-sasaran strategis atau kondisi lingkungan yang pasti, dan ketiga, menyediakan sarana-sarana integrasi SDM dalam usaha secara menyeluruh untuk menyesuaikan strategi dan struktur perusahaan. Melalui integrasi tersebut diharapkan tercapai efektivitas fungsi SDM dalam melakukan fungsinya, memberikan nilai tambah bagi organisasi, memperbaiki kinerja perusahaan, dan meningkatkan fleksibilitas organisasi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan bisnis dalam lingkungan bisnis yang makin kompetitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran Jasa Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Operasional Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online ...