Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan foto promosi pariwisata kota Bukittinggi di instagram @bukittinggitourism dari fotografi komersial. Metode penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan analisis data secara deskriptif. Teori yang digunakan dalam menganalisis karya-karya fotografi berdasarkan nilai artistik adalah teori estetika fotografi, teori persuasi visual berdasarkan nilai persuasif. Hasil penelitian ini adalah karya-karya fotografi yang digunakan sebagai foto promosi wisata Bukittinggi di instagram @bukittinggitourism dalam fotografi komersial layak dipecah sebagai karya fotografi komersial berdasarkan aspek fungsional yang berfungsi sebagai foto promosi untuk meningkatkan wisata Bukittinggi, serta memiliki nilai kreatif dan nilai persuasif yang berfungsi sebagai elemen penarik perhatian dalam menampilkan realiatas wisata kota Bukittinggi. Foto promosi di instagram @bukittinggitourism sudah memenuhi kategori fotografi komersial dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan dan saran pengembangan instagram @bukittinggitourism mendatang.
Copyrights © 2023