Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kartu huruf dalam membantu peserta didik kelas 1 SD Negeri 2 Karangkobar mengenal huruf dan bunyi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Metode – Metode yang digunakan melibatkan pengembangan materi pembelajaran yang mengintegrasikan kartu huruf, pelatihan guru, implementasi di kelas, dan evaluasi hasil pembelajaran. Peserta didik dievaluasi melalui tes tulis, observasi, dan diskusi kelompok untuk mengukur pemahaman mereka terhadap huruf dan bunyi serta minat belajar mereka terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil – Hasil temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap huruf dan bunyi setelah implementasi penggunaan kartu huruf dalam pembelajaran. Peserta didik menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi dan antusiasme yang meningkat dalam mengikuti aktivitas pembelajaran yang melibatkan kartu huruf. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan membaca dan berbicara serta interaksi sosial yang lebih baik. Pengabdian ini membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penggunaan kartu huruf sebagai alat bantu dalam membantu peserta didik kelas 1 di SD Negeri 2 Karangkobar mengenal huruf dan bunyi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Berbagai strategi yang inovatif dan efektif dijelaskan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dan beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik dalam memahami huruf dan bunyi dalam bahasa Indonesia dan penerapan strategi penggunaan kartu huruf dalam membantu peserta didik yang belum mengenal huruf lambang bunyi dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023