JIKA (Jurnal Informatika)
Vol 8, No 2 (2024): JIKA (Jurnal Informatika)

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU MENGAJAR

Yanuardi, Yanuardi (Unknown)
Destriana, Rachmat (Unknown)
Huasin, Syepry Maulana (Unknown)
Rusdianto, Hengki (Unknown)
Layina, Andiny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Aspek pendidikan memerlukan penyesuaian sehingga tidak tertinggal dari perkembangan teknologi, terutama pada sistem mengajar di sekolah. Teknologi Augmented Reality (AR) mengubah metode mengajar menjadi lebih baik. Kemampuannya   dalam    menggabungkan   multimedia   dengan   dunia   nyata meberikan efek ketertarikan siswa dalam mengenalnya. Matematika terkhusus bangun ruang memerlukan bahan ajar yang tepat sehingga dapat diserap dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Insan Mulia. Penelitian ini menggunakan metode SWOT dalam menganalisa sistem serta extreme programming untuk metode pengembangan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SDLB Insan Mulia  dengan  membantu  siswa  dalam memahami materi secara visual dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Penlitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan Tolak Ukur aktivitas Dosen Perguruan Tinggi, berdasarkan hal tersebut maka dengan ini program studi teknik informatika di Universitas Muhammadiyah Tangerang menyediakan lahan untuk penerbitan jurnal penelitian yang dilakukan oleh dosen. Jurnal ini ...