PKM ini dilatar belakangi hasil observasi tim PKM menemukan beberapa fenomena unik terkait UMKM yang ada di Desa Cibatu yaitu Bioflok, salah satunya lahan yang digunakan oleh UMKM Bioflok Desa Cibatu dengan pemanfaatan lahan yang terbatas. Fenomena kedua, pemanfaatan lahan bioflok tahan terhadap cuaca, karena cuaca di semua lokasi UMKM Bioflok Desa Cibatu hampir rata-rata panas yang dikelilingi oleh kawasan industri atau pabrik. Fenomena ketiga, tidak terdapat media periklanan yang menunjukan lokasi UMKM Bioflok tersebut. Fenomena Keempat, dari sekian banyak UMKM Bioflok Desa Cibatu yang sudah menggunakan pemasaran digital baru 1 UMKM saja, itu pun baru menggunakan media facebook. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini untuk melakukan penyuluhan edukatif pentingnya branding, pemasaran digital syariah , dan Plotting lokasi usaha kepada UMKM Bioflok Desa Cibatu Purwakarta. PKM ini menggunakan metode penyuluhan dan diskusi. Hasil PKM ini dapat disimpulkan bahwa penyuluhan edukatif pentingnya branding, pemasaran digital syariah, dan Plotting lokasi usaha kepada UMKM Bioflok telah mencapai tingkat memahami 95% terhadap pentingnya branding spanduk untuk mempromosikan produknya, 87,5% sudah memahami dan menggunakan media digital promosi whatshapp dan Instagram, dan 92,5% sudah memahami terhadap pentingnya penambahan lokasi usaha di Google Maps, serta lokasi UMKM Bioflok telah terdaftar di google maps.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024