ABSTRAK Dunia pendidikan dituntut untuk lebih memperhatikan kompetensi literasi dan numerasi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi numerasi dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 28 orang peserta didik kelas 8 SMP. Data diperoleh dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), wawancara peserta didik dan wali kelas serta observasi langsung. Didapatkan hasil bahwa 100% siswa mendapatkan skor di bawah 50, terdiri dari 18% siswa dengan skor 30-50, 46% siswa dengan skor 15-29, dan 36% siswa dengan skor 0-14. Berdasarkan indikator yang digunakan, kompetensi peserta didik kelas 8 SMP tergolong masih sangat rendah. Implikasi dari penelitian ini berupa rekomendasi peningkatan program literasi numerasi. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum; Kurikulum; Kompetensi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024