Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS
Vol 3 No 3 (2024): JULI 2024

PROFIL KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 8 SMP DI PALEMBANG

Dewi, Putri (Unknown)
Adara, Kinanti (Unknown)
Lia, Fiona (Unknown)
Natasya, Putri (Unknown)
Mandela, Mitha (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

ABSTRAK Dunia pendidikan dituntut untuk lebih memperhatikan kompetensi literasi dan numerasi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi numerasi dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 28 orang peserta didik kelas 8 SMP. Data diperoleh dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), wawancara peserta didik dan wali kelas serta observasi langsung. Didapatkan hasil bahwa 100% siswa mendapatkan skor di bawah 50, terdiri dari 18% siswa dengan skor 30-50, 46% siswa dengan skor 15-29, dan 36% siswa dengan skor 0-14. Berdasarkan indikator yang digunakan, kompetensi peserta didik kelas 8 SMP tergolong masih sangat rendah. Implikasi dari penelitian ini berupa rekomendasi peningkatan program literasi numerasi. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum; Kurikulum; Kompetensi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduabdimas

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai keilmuan multi disiplin. Jurnal ini berisi program-program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk aksi sosial berupa pendampingan, ...