urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Strategi Integrated Marketing Communication dalam Fun Bike Hut Ke-45 TVRI Jawa Timur

Alvirhino, Fikri (Unknown)
Herdono, Ismojo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) memiliki citra yang kuat dalam membangun hubungan dengan masyarakat di berbagai stasiun yang ada di seluruh Indonesia, termasuk Jawa Timur. Hal tersebut dibangun melalui berbagai upaya, salah satunya dengan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat guna membuka kesempatan kepada mereka untuk mengenal lebih dalam TVRI Jawa Timur. Pada kegiatan Fun Bike HUT ke-45 TVRI Jawa Timur yang mendapat antusias cukup tinggi melampaui target seribu peserta yang sudah ditetapkan. Kesuksesan dalam memasarkan kegiatan tersebut tidak lepas dari strategi komunikasi pemasaran yang mengintegrasikan berbagai media dalam prosesnya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk menjabarkan strategi Inteegrated Marketing Communication yang dilakukan tim panitia dalam menjangkau masyarakat pada Fun Bike HUT ke-45 TVRI Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication dalam mendapatkan data yang dibutuhkan. dan menggunakan metodologi penelitian kuasi-kualitatif. Pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan studi dokumen, serta penggunaan triangulasi sumber sebagai keabsahan data dalam penyempurnaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TVRI Jawa Timur telah menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran untuk memaksimalkan partisipasi dalam acara Fun Bike dengan mengintegrasi beberapa elemen dalam bauran IMC merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi, meski masih ada ruang untuk optimalisasi lebih lanjut. Dari tujuh alat komunikasi yang dianalisis, TVRI Jawa Timur berhasil menggunakan lima di antaranya secara efektif. Kampanye periklanan, pemasaran langsung, peran humas dinilai cukup signifikan, personal sales, penggunaan word of mouth dengan melibatkan seluruh saluran komunikasi. Namun terdapat dua alat komunikasi yaitu promosi penjualan dan event experience yang belum sepenuhnya optimal karena berbagai faktor. Oleh karena itu, evaluasi penelitian ini menyarankan untuk lebih fokus dalam menentukan target pasar yang lebih spesifik, sehingga dapat diperoleh keuntungan yang lebih besar dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...