Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta memperoleh hasil yang valid berdasarkan validitas isi (content validity) terhadap instrument tes literasi matematika berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan melalui formula Aiken V dan merupakan bagian dari penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang terlibat ialah tiga orang ahli, ketiga ahli meninjau validitas isi instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi ahli yang memuat skor penilaian terhadap setiap item soal pada instrumen tes berbasis kearifan lokal Bugis-Makassar yang dikembangkan. Adapun Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan analisis validitas isi Aiken V. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 15 item soal yang dikembangkan sebagai produk awal terdapat 6 item dengan keterangan validitas sedang yaitu pada item soal nomor 8,11,12,13,14,15 dan terdapat 9 item soal yang memiliki validitas yang tinggi yaitu pada item soal nomor 1,2,3,4,5,6,7,9,10. Hasil tersebut menunjukan bahwa instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal Bugis-Makassar untuk siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada kelas VII telah memenuhi validitas isi dan layak digunakan dalam mengukur kemampuan literasi matematika siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023